Image

Cara Menyukai Kopi: 4 Alasan Orang Tidak Suka Kopi & Cara Memperbaikinya

Blog / 26 November 2021

Ada banyak alasan bagus untuk minum kopi. Misalnya, pertimbangkan manfaat kesehatan seperti : Penurunan risiko diabetes tipe 2, Penurunan risiko penyakit Alzheimer, Penurunan risiko penyakit Parkinson, Penurunan risiko penyakit jantung, Penurunan risiko kanker kolorektal, Penurunan risiko multiple sclerosis.Lalu, ada energi tanpa akhir yang disediakan kopi. Dan jangan lupakan aspek sosialnya. Maksudnya, berapa banyak kencan pertama yang dimulai dengan "Apakah Anda ingin minum secangkir kopi?" 

Namun, jika Anda tidak suka kopi, tidak apa-apa! Tidak semua orang terlahir menyukai kopi. Umumnya, yang tidak suka kopi dibagi menjadi 4 kubu:

  • Terlalu pahit atau tidak suka rasanya 
  • Membuat mereka terlalu gelisah 
  • Terlalu mahal 
  • Suka menjadi berbeda

Mempelajari cara menyukai kopi berbeda-beda tergantung di kubu mana Anda berada!


Alasan 1: Terlalu pahit atau tidak suka rasanya 

Kebanyakan orang yang tidak suka kopi mengatakan itu karena rasanya. Secara khusus, kopi terlalu pahit. Ketika mereka pergi ke kedai kopi, mereka biasanya lebih suka cokelat panas atau teh. Jika Anda tidak minum kopi karena tidak menyukai rasanya, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Solusi 1: Tetap dengan kopi ringan 

Semakin lama biji kopi disangrai, semakin berasap dan semakin pahit. Tetaplah pada kopi ringan dan Anda akan mendapatkan sesuatu yang lebih manis dan cerah secara alami.

Solusi 2: Ubah persiapan Anda

Rasa pahit dan tidak enak berasal dari asam tertentu yang diekstraksi dari biji kopi. Asam ini adalah salah satu dari 3 jenis utama senyawa yang diekstraksi, dan mereka adalah yang terakhir diekstraksi. Agar kopi Anda tidak terlalu pahit, Anda harus menghentikan ekstraksi sebelum mengeluarkan asam organik dari bijinya. Ada beberapa cara untuk melakukannya:

  • Jangan merendam kopi terlalu lama (waktu kontak yang lebih singkat antara air panas dan bubuk kopi berarti lebih sedikit ekstraksi) 
  • Gunakan air yang lebih dingin (semakin panas airnya semakin cepat ekstraksinya) 
  • Gunakan gilingan yang lebih kasar (gilingan kasar memiliki luas permukaan yang lebih sedikit, yang meminimalkan kontak dan memperlambat ekstraksi)
Solusi 3: Tambahkan susu, krim dan/atau gula sampai Anda dapat mentolerir rasanya

Banyak orang mencoba mempermalukan orang karena menambahkan susu, krim, atau gula ke kopi mereka. Serius, siapa yang peduli? Jadi, langsung saja dan mulai dengan frappuccino, latte manis, dan cangkir kopi putih susu. Seiring waktu Anda dapat mengurangi jumlah krimer dan gula dan secara bertahap menikmati rasanya. Minuman mocca juga merupakan "cangkir gerbang" yang baik karena memiliki rasa manis cokelat di dalamnya.

Solusi 4: Tambahkan sedikit garam!

Mungkin terdengar aneh, tapi garam bisa bertindak sebagai “peredam rasa pahit” dengan mengubah cara lidah dan otak melihat senyawa pahit tersebut. Coba tambahkan sejumput ke bubuk kopi kering sebelum menambahkan air.



Alasan 2: Membuat mereka terlalu gelisah 

Para peneliti dalam berbagai penelitian telah menemukan bahwa orang memecah dan memproses kafein secara berbeda pada tingkat genetik. Ini berarti cangkir yang sama yang hampir tidak membangunkan Anda setiap pagi bisa membuat orang lain terjaga sampai tengah malam. Untuk itu, ada 2 solusi untuk masalah ini.

Solusi 1: Cobalah kopi setengah caff atau kopi encer 

Tidak ada yang salah dengan memadukan kopi berkafein Anda dengan kopi tanpa kafein dengan konsentrasi kafein yang sesuai untuk Anda.

Solusi 2: Coba panggang yang lebih gelap 

Jika rasa pahit tidak menjadi masalah, cobalah beralih ke dark roast. Kafein dipecah selama proses pemanggangan, yang berarti biji kopi yang telah disangrai lebih lama akan mengandung lebih sedikit kafein. Namun, ada sisi lain dari argumen itu: Meskipun biji sangrai yang lebih gelap memiliki lebih sedikit kafein per biji (atau berdasarkan volume), biji kopi terus kehilangan air semakin lama dipanggang dan dengan demikian biji sangrai yang lebih gelap memiliki lebih banyak kafein berdasarkan beratnya. Apa artinya ini bagi Anda? Jika Anda terbiasa mengukur cangkir pagi Anda dalam sendok makan (atau ukuran volume lainnya), Anda akan mendapatkan lebih sedikit kafein dengan beralih ke kopi panggang yang lebih gelap. Jika Anda cenderung menimbang kopi Anda, yang kurang umum, maka lebih baik bertahan dengan kopi ringan.



Alasan 3: Terlalu mahal 

Secangkir kopi seharga Rp 28.000 setiap hari di kedai kopi lokal Anda akan dikenakan biaya Rp 10.220.000 per tahun, jadi menurut Anda kopi itu mahal. Solusinya? Buat kopi Anda di rumah. Pembuat kopi satu porsi dijual seharga Rp 3 juta-Rp 21 juta di muka dan kemudian harganya sekitar Rp 10.500 per cangkir sesudahnya. Masih terlalu mahal untuk darahmu? Dapatkan pembuat kopi seduh sederhana dan gunakan bubuk kopi instan. Kopi tidak harus mahal jika Anda mau membuatnya sendiri!



Alasan 4: Suka menjadi berbeda 

Kita semua tahu orang yang melakukan sesuatu secara berbeda agar mereka tidak menjadi bagian dari kerumunan. Jika ini Anda, Anda memiliki masalah yang lebih besar daripada sekadar tidak menyukai kopi. Kabar baiknya adalah Anda bisa menuangkan secangkir untuk diri sendiri! Jika Anda belum pernah minum kopi karena orang lain pernah, kemungkinan besar Anda akan menjadi bagian dari 83% orang dewasa Indonesia yang cukup menyukai kopi untuk meminumnya setiap hari.


Itulah cara menyukai kopi: 4 alasan orang tidak suka kopi & cara memperbaikinya. Agar pengalaman minum kopi Anda lebih nikmat lagi, Anda membutuhkan mesin kopi terbaik serta biji kopi dengan cita rasa yang tinggi. Untuk mendapatkan mesin kopi beserta minuman kopi yang terbaik dengan cita rasa yang tinggi, Anda dapat memperolehnya melalui PT Basari Aneka Kreasi. PT Basari Aneka Kreasi adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi kopi skala besar/pabrik, termasuk sebagai importir mesin kopi dari Italy dan Swiss dengan merek Delonghi, Gaggia, dan Franke. Sebagai penyedia solusi kopi yang lengkap, PT Basari Aneka Kreasi tidak hanya menawarkan mesin kopi beserta layanan after sales yang terjamin, tetapi juga produk kopi berkualitas. Misi kami sederhana, untuk menciptakan pengalaman kopi terbaik, kapan pun, dan di mana pun kopi itu diseduh. Kami melakukan ini dengan menempatkan kopi dan kebutuhan pelanggan kami di jantung bisnis kami.

BUSINESS INQUIRY

If you are interested to build partnership with us as reseller or customer, please contact us with this form.
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.

CONTACT

JAKARTA
Jl. Tentara Pelajar Blok D22-26 Lt. 4/5
Jakarta 12210
Tel: 021-5794 0828
Fax: 021-5794 1035

BALI
Jl. Bypass Ngurah Rai
Kuta, Simpang Dewa Ruci, Sesetan
Denpasar Selatan, Denpasar
Bali 80361
Tel: 0888 1082 929

SURABAYA
Jl. Mayjen Sungkono No.178
Surabaya, Jawa Timur 60225
Tel : 08881082727

YOGYAKARTA
Jl. Ring Road Barat
Dukuh Salakan Gamping
DI Yogyakarta - 55292
Tel : 08881083030

BANDUNG
Jl. Jend. Sudirman No. 355-373
Bandung, Jawa Barat 40231
Tel : 08881083131

SERVICE CENTER
Jl. Kebayoran Lama No.5 RT02 RW04
Jakarta 11540
Tel : +6221 22124351
Tel : 08811292929

HOTLINE
Delonghi & Franke : 0813 8800 8801
Gaggia Milano : 0813 8800 8802