Image

Semua Tentang Kopi Cold Brew

Blog / 08 December 2021

Sepuluh tahun yang lalu, tidak banyak kedai kopi yang menyajikan cold brew. Sekarang, Anda bisa menemukan cold brew di mana-mana, mulai dari megachain seperti Starbucks hingga rak supermarket. Tetapi, hanya karena itu ada di mana-mana tidak berarti semua orang tahu apa itu cold brew. Untuk menjawab beberapa pertanyaan cold brew Anda yang paling umum, berikut ini kami berikan sedikit penjelasannya.


Jadi, Apa itu
Cold Brew?

Cold brew adalah kopi yang diseduh dengan air dingin dan bukan air panas, dan biasanya memerlukan proses seduhan yang lama—antara 12-24 jam. Dalam hal rasa, cold brew umumnya dicirikan sebagai halus, asam rendah, dan lebih berat daripada rekan-rekannya yang diseduh panas. Meskipun cold brew telah ada selama berabad-abad, dalam sepuluh tahun terakhir ini benar-benar menjadi menu utama kedai kopi dan dikenali oleh sebagian besar peminum kopi—sebuah studi tahun 2019 oleh National Coffee Association menunjukkan bahwa 80% responden di bawah 40 tahu apa itu cold brew dan bahwa 20% minum cold brew sesekali.


Bagaimana Cara Membuat Cold Brew?

Cold brew adalah minuman yang bagus untuk orang-orang yang belum pernah menyeduh kopi di rumah karena ketepatan tidak sepenting metode pembuatan kopi lainnya. Anda tidak perlu timbangan atau ketel atau apapun. Yang Anda butuhkan hanyalah wadah pembuatan kopi, kopi, air, dan kesabaran. Jika saya harus menulis resep paling sederhana untuk cold brew, itu adalah ini: giling kopi dengan kasar, tambahkan air, diamkan, dan saring. Salah satu hal unik tentang cold brew adalah Anda tidak menyeduhnya untuk membuat produk akhir, melainkan konsentrat, yang dapat Anda encerkan sesuai selera yang diinginkan dengan bahan-bahan seperti air, susu, atau es.


Jenis Kopi Apa yang Harus Saya Gunakan untuk Cold Brew?

Pilih kopi terbaik yang Anda rasa nyaman. Cold brew cenderung memiliki rasa cokelat yang berat dengan keasaman rendah, jadi terkadang barista cenderung menyukai kopi yang bersandar pada rasa tersebut, seperti yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah. Namun, kopi dengan buah yang nyata juga cocok dalam cold brew. Cara Anda meminum kopi Anda dapat memengaruhi apa yang Anda pilih untuk diseduh: kopi panggang yang lebih ringan paling baik ketika dinikmati tanpa susu dan kopi yang lebih berat tahan terhadap susu dan gula. Ini benar-benar tergantung pada preferensi pribadi dan bagaimana Anda meminum kopi Anda. Mungkin yang lebih penting daripada menentukan kopi adalah air yang Anda gunakan untuk menyeduh. Kopi adalah ~98% air, jadi sangat penting bagi Anda untuk berpikir bahwa air yang Anda seduh memiliki rasa yang enak. Aturan praktis yang baik adalah jika Anda terbiasa minum dari keran, kemungkinan besar Anda boleh menyeduh dengan air itu. Jika tidak, pertimbangkan air yang disaring.


Bisakah Saya Membuat Cold Brew dengan French Press?

Ya! French press adalah wadah yang sempurna untuk membuat cold brew karena Anda dapat menyaring ampasnya dengan plunger. Satu tips untuk menyeduh dengan French press: kopi Anda mungkin memiliki rasa yang berat di mulut dan tekstur berpasir. Setelah menyeduh, coba saring cold brew Anda melalui filter kertas untuk menangkap beberapa gilingan halus dan minyak yang berkontribusi pada rasa di mulut itu, tetapi juga jangan ragu untuk melewati langkah ini jika Anda menginginkan minuman yang lebih berat.


Apakah Cold Brew Memiliki Lebih Banyak Kafein Dibandingkan Kopi Panas?

Biasanya ya, tapi itu adalah permainan angka daripada permainan menyeduh. Tidak ada yang melekat pada cold brew yang membuatnya menjadi minuman berkafein lebih banyak daripada jumlah kopi yang digunakan untuk menyeduhnya. Kebanyakan kopi panas diseduh menggunakan 14-18 gram air per gram kopi. Cold brew dibuat menggunakan rasio yang lebih ketat—mulai dengan 12 ons (340g) kopi hingga 64 ons (1814g) air, yang merupakan rasio kopi dan air yang jauh lebih tinggi. (kemudian memotong konsentrat yang diseduh dengan satu bagian konsentrat menjadi satu bagian air, yang membuat minuman terakhir kurang intens daripada konsentrat, tetapi masih sedikit lebih kuat daripada secangkir drip coffee.) Menyeduh kopi adalah tentang menggunakan air untuk mengekstrak rasa (dan kafein!) dari kopi bubuk, dan tidak ada proses ajaib yang mengekstrak lebih banyak kafein saat diseduh dengan air dingin. Pada catatan itu, jangan ragu untuk membuat cold brew Anda dengan kopi tanpa kafein!


Berapa Lama Cold Brew Bertahan?

Cold brew biasanya akan bertahan 7-10 hari di lemari es. Jika kopi Anda terasa funky, Anda mungkin ingin membuangnya. Jika Anda menyadari bahwa kopi Anda tampak lebih cepat rusak dari yang seharusnya, mungkin sudah waktunya untuk membersihkan peralatan menyeduh Anda. Minyak kopi lama menempel di permukaan dan dapat membuat cold brew Anda lebih cepat rusak daripada kopi yang diseduh dengan peralatan bersih. 


Itulah jawaban atas beberapa pertanyaan mengenai cold brew Anda yang paling umum. Jika ada satu hal yang saya ingin orang-orang ambil dari artikel ini adalah eksperimen adalah kunci untuk menemukan secangkir kopi yang sempurna. Untungnya, cold brew adalah metode yang mudah untuk diotak-atik. Beberapa kopi benar-benar enak pada konsentrasi super tinggi dan menyenangkan memiliki hanya empat ons cold brew super manis di atas es. Kopi lainnya terasa enak pada konsentrasi yang sangat rendah dan air yang ditambahkan membuka akses ke rasa yang sama sekali baru. Latihan yang menyenangkan adalah menyusun beberapa cangkir dari batch yang sama, semuanya diencerkan pada tingkat yang berbeda, dan membandingkan semuanya untuk melihat apa yang paling Anda sukai. Secara keseluruhan, tidak ada satu cara untuk membuat cold brew, dan jika Anda memutuskan untuk mencobanya, bersenang-senanglah dan temukan kebebasan dalam bentuknya. Cold brew seharusnya tidak repot dan mudah untuk mendapatkan secangkir yang luar biasa di rumah—selama Anda mau menunggu.

Apapun pilihan Anda dalam menikmati kopi, lebih nikmat lagi apabila Anda dapat memperolehnya melalui biji kopi yang terbaik dan cita rasa yang tinggi. Untuk mendapatkan minuman kopi yang terbaik dengan cita rasa yang tinggi, Anda dapat memperolehnya melalui PT Basari Aneka Kreasi. PT Basari Aneka Kreasi adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi kopi skala besar/pabrik, termasuk sebagai importir mesin kopi dari Italy dan Swiss dengan merek Delonghi, Gaggia, dan Franke. Sebagai penyedia solusi kopi yang lengkap, PT Basari Aneka Kreasi tidak hanya menawarkan mesin kopi beserta layanan after sales yang terjamin, tetapi juga produk kopi berkualitas. Misi kami sederhana, untuk menciptakan pengalaman kopi terbaik, kapan pun, dan di mana pun kopi itu diseduh. Kami melakukan ini dengan menempatkan kopi dan kebutuhan pelanggan kami di jantung bisnis kami.

BUSINESS INQUIRY

If you are interested to build partnership with us as reseller or customer, please contact us with this form.
Please fill the required field.
Please fill the required field.
Please fill the required field.

CONTACT

JAKARTA
Jl. Tentara Pelajar Blok D22-26 Lt. 4/5
Jakarta 12210
Tel: 021-5794 0828
Fax: 021-5794 1035

BALI
Jl. Bypass Ngurah Rai
Kuta, Simpang Dewa Ruci, Sesetan
Denpasar Selatan, Denpasar
Bali 80361
Tel: 0888 1082 929

SURABAYA
Jl. Mayjen Sungkono No.178
Surabaya, Jawa Timur 60225
Tel : 08881082727

YOGYAKARTA
Jl. Ring Road Barat
Dukuh Salakan Gamping
DI Yogyakarta - 55292
Tel : 08881083030

BANDUNG
Jl. Jend. Sudirman No. 355-373
Bandung, Jawa Barat 40231
Tel : 08881083131

SERVICE CENTER
Jl. Kebayoran Lama No.5 RT02 RW04
Jakarta 11540
Tel : +6221 22124351
Tel : 08811292929

HOTLINE
Delonghi & Franke : 0813 8800 8801
Gaggia Milano : 0813 8800 8802